PERBEDAAN MESIN EFI DAN KARBURATOR
Apa bedanya antara mesin injeksi dan karburator?. Pertanyaan tersebut
mungkin pernah terbersit dalam pikiran Anda dan Anda pun mencari sumber
literasi yang mengulas mengenai hal tersebut. Oleh karenanya pada
kesempatan kali ini blog berita teknologi ingin memberikan informasi
seputar pengertian sistem injeksi Fi dan karburator pada kendaraan bermotor.
Di masa sekarang begitu marak peredaran kendaraan khususnya sepeda
motor yang mengusung sistem pembakaran bahan bakar injeksi (fuel
injection). Sistem pengolah bahan bakar baru ini diklaim memiliki banyak
kelebihan dibandingkan dengan sistem pengolahan bahan bakar yang masih
konvensional, dan salah satunya adalah perbandingan konsumsi bahan bakar
yang jauh lebih irit dibandingkan dengan penggunaan karburator.
Meskipun demikian, namun nyatanya sistem injeksi yang masih terbilang
baru ini belum dapat dipahami secara utuh oleh sebagian besar masyarakat
kita.
Beberapa produsen sepeda motor besar seperti Honda, Yamaha dan Kawasaki
bahkan telah secara terang-terangan ingin memproduksi motor-motor masa
depan dengan harga termurah
yang kompetitif yang mengusung sistem ini. Hal tersebut diperkuat
dengan munculnya beberapa varian sepeda motor yang mulai ikut
menyemarakkan pasaran sepeda motor Indonesia. Kawasaki yang hadir dengan
kelas premium menyuguhkan Kawasaki New Ninja 250
yang menyasar pangsa pasar kelas menengah atas. Begitu pun dengan Honda
yang dengan piawai masih bermain di kelas matic dengan menghadirkan New Honda Beat injeksi
untuk kelas menengah kebawah yang sekaligus diklaim matic paling irit
yang mampu menempuh jarak hingga 90km/liter berkat adanya sistem baru
ini. Sedangkan Yamaha nampaknya tak ingin kalah saing dengan mulai
mengembangkan motor bermesin injeksi. Hal ini ditandai dengan dimulainya
pemasaran Yamaha New V-ixion Lightning 2013 yang berkapasitas mesin 150cc.
Nah, guna melengkapi pemahaman perihal sistem injeksi Fi dan karburator,
maka melalui ulasan artikel sederhana ini, maka blog berita teknologi
akan memberikan penjelasan perihal perbedaan sistem dan cara kerja dari
keduanya.
Sistem injeksi bahan bakar (Fuel injection)
Sistem injeksi atau yang juga dikenal dengan istilah fuel injection
merupakan sebuah cara kerja mekanis yang menggunakan teknologi sebagai
pengontrol yang mampu mengatur pasokan bahan bakar serta juga udara ke
dalam ruang pembakaran secara cepat, tepat, proporsional sekaligus
optimal. Sistem injeksi akan mengatur jumlah campuran pasokan bahan
bakar dan udara yang tercampur secara homogen dengan menggunakan sensor.
Sensor ini kemudian secara otomatis akan menyesuaikan komposisi
konsumsi bahan bakar sesuai dengan keadaan mesin.
Sistem tersebut dimulai pada saat bensin mengalir dari tanki kendaraan
yang kemudian menuju kepada tahapan atomisasi bahan bakar yang
disemprotkan melalui dua throttle valve. Proses atomisasi adalah
merupakan sebuah proses dimana bahan bakar mengalami tekanan tinggi dan
pemampatan yang kemudian proses yang dihasilkan adalah berupa asap atau
partikel kabut. Bahan bakar yang telah menyerupai kabut tersebut
kemudian dikeluarkan melalui lubang injektor canonical dengan posisi
menghadap ke ruang pembakaran.
Sistem karburator
Sistem karburator merupakan sebuah sistem mekanis pencampur bahan bakar
dan udara yang digunakan pada kendaraan bermotor dan bisa di setel
secara manual. Besar kecilnya aliran fluida atau cairan bahan bakar
kedalam karburator sangat tergantung dari bukaan pedal gas karena sistem
kerja dari karburator adalah adanya venturi yang berupa lorong-lorong
tempat mengalirnya bahan bakar. Meskipun karburator merupakan sebuah
perangkat pencampur bahan bakar yang cukup ideal namun konsistensinya
sangat dipengaruhi oleh viskositas (gaya gesek fluida), temperatur mesin
yang ekstrim, gaya sentrifugal dan sebagainya yang bisa mempengaruhi
sistem kerja karburator.
Komponen-komponen yang terdapat di dalam karburator antara lain
yaitu pilot jet, sekrup stasioner, needle jet, jet needle, skep
karburator dan main jet. Komponen-komponen inilah yang memberikan
pengaturan sesuai dengan perintah yang dilakukan secara manual pada saat
gas dibuka tutup. http://candraridhoxiism1.blogspot.com
Tidak ada komentar:
Posting Komentar