SISTEM SUSPENSI
Untuk meredam kejutan yang disebabkan oleh permukaan jalan yang tidak rata
PADA UMUMNYA SUSPENSI TERSUSUN DARI DUA BAGIAN UTAMA, YAITU :
1. PEGASPegas secara langsung menahan kejutan yang terjadi. Pegas mempunyai sisfat elastis untuk menahan kejut,
JENIS-JENIS PEGAS DIBAGI TIGA, YAITU :
1. PEGAS DAUN (LEAF SPRING)
Pegas ini terdiri atas lapisan plat baja yang diikat atau disusun
menjadi satu. Susunan dimulai dari pegas yang pendek yang terletak
dibagian bawah dan disatukan denganjalan di keling atau dibaut bagian
tengahnya. Bagian pegas yang panjang dibulatkan membuat mata pegas
untuk pemasangan pegas pada rangka.
2. PEGAS COIL (COIL SPRING)
Pegas ini mempunyai tahanan atau redaman kejutan yang lebih baik
dibandingkan dengan pegas daun yang tidak terjadi gesekan anatau pegas
yang menyebabkan getaran pada body.
3. PEGAS BATANG TORSI (TORSION BAR SPRING)
Pegas ini umumnya digunakan oleh mobil-mobil kecil pada suspensi
depan. Pegas ini tebuat dari baja elastis yang mampu menahan puntiran
yang terjadi. Bila salah satu ujung pegas diikat dengan keras dan ujung
lain dipasang pada arm maka saat arm bergerak naik turun, batang akan
menahan gerakan ini sehingga menghasilkan efek penyerapan kejutan yang
terjadi
2. SHOCKABRSORBER
Shockabsorber dirancang untuk meredam, oksilasi pegas akibat kejutan sehingga kendaraan akan aman dan nyaman.
1. JENIS-JENIS ABSORBER
Jenis-jenis absorber dibedakan berdasarkan
a. Cara kerjanya
- Kerja Tunggal (Single Action)
- Kerja Ganda ( Multiple Action)
b. Konstruksi
- Type Twin Tube
- Type Mono Tube
c. Medium Kerja
- Hidrolis
- Pneumatis
JENIS-JENIS SUSPENSI
Berdasarkan konstruksi pada mekanisme suspensi dapat dibedakan menjadi dua jenis yaitu :
1. JENIS POROS PEJAL (RIGID AXLE SUSPENSION)
Pada type ini poros roda kiri-kanan dipasangkan bersama pada sebuah
poros diatas pegas-pegas. Suspensi model ini mempunyai konstruksi
sederhana, kuat oleh karena itu banyak digunakan sebagai suspensi depan
dan belakang (Mobil angkutan berat) dan suspensi belakang (Mobil
penumpang)
2.JENIS POROS BEBAS (INDEPENDENT SUSPENSION)
Pada type ini roda kiri-kanan menggantung satu sama lain dengan
bebas, dimana memungkinkan tiap roda bekerja sendiri menerima
kejutan-kejutan lain.
1. TYPE WISHBONE
Type ini terdiri atas Upper Suspension Arm dan Lower Suspension Arm
dengan Frame dan Steering Knuckle dengan Pegas Koil dan Peredam Kejut
Type ini terdapat Upper Arm, Konstruksi sederhana da memungkinkan ruang mesin lebar
3. TYPE SWING AXLE
Pada type ini poros dibaut dua bagian dan diberi Pivot ditengahnya sehingga dapat berayun keatas dan kebawah secara terpisah
Tidak ada komentar:
Posting Komentar