SISTEM PENERANGAN
KOMPONEN UTAMA DAN FUNGSI
1. Baterai
Sebagai sumber arus listrik DC.
Baterai di bedakan menjadi 2 jenis, yaitu :
1. Type Kering
2. Type Basah
2. Kunci Kontak
Untuk memutus dan menghubungkan arus listrik di dalam rangkaian keistrikan secara manual
Terdapat 4 Terminal pada Kunci kontak, yaitu :
1. Terminal B ( Terhubung ke Baterai )
2. Terminal ST ( Terhubung ke Starter )
3. Terminal IG ( Terhubung ke Ignition )
4. Terminal ACC ( Terhubung ke Accessories )
3. Sikring
Sebagai pengaman pada komponen lain ketika terjadi arus pendek (short-cut)
Sikring di bedakan menjadi 3 jenis
1. Type Cartridge
2. Type Blade
3. Type Ceramic
4. Relay
Untuk memutus dan menghubungkan arus listrik di dalam rangkaian secara elektronik
Relay di bedakan menjadi 2 Jenis, Yaitu :
1. Relay Normally Open (RNO)
2. Relay Normally Closet (RNC)
Terdapat 4 Terminal Pada Relay, yaitu :
1. Terminal 30 ( Terhubung ke positif baterai)
2. Terminal 85 ( Terhubung ke Ground)
3. Terminal 86 ( Terhubung ke Saklar Kombinasi)
4. Terminal 87 ( Terhubung ke Beban seperti, Lampu-lampu, klakson, dll)
5. Flasher
Untuk memutus dan menghubungkan arus secara elektronik atau untuk mengedipkan lampu
Terdapat 3 Terminal pada Flasher, yaitu :
1. Terminal B ( Terhubung ke Baterai positif )
2. Terminal E ( Terhubung ke Ground )
3. Terminal L ( Terhubung ke Light pada saklar kombinasi )
6. Saklar Kombinasi
Saklar kombinasi terdiri dari :
1. Sakar Lampu Belok dan Lampu Kepala
2. Saklar Lampu Hazard dan Saklar Klakson
SUMBER : http://otomotifdasar.blogspot.com
Tidak ada komentar:
Posting Komentar