Minggu, 15 Februari 2015

SISTEM PENERANGAN

SISTEM PENERANGAN

Fungsi untuk memberikan signal kepada pengendara lain dalam bentuk suara atau cahaya pada malam hari ataupun siang hari

KOMPONEN UTAMA DAN FUNGSI

1. Baterai
    Sebagai sumber arus listrik DC.

    Baterai di bedakan menjadi 2 jenis, yaitu :
    1. Type Kering
    2. Type Basah

2. Kunci Kontak
    Untuk memutus dan menghubungkan arus listrik di dalam rangkaian keistrikan secara manual

    Terdapat 4 Terminal pada Kunci kontak, yaitu :
    1. Terminal B        ( Terhubung ke Baterai )
    2. Terminal ST      ( Terhubung ke Starter )
    3. Terminal IG      ( Terhubung ke Ignition )
    4. Terminal ACC  ( Terhubung ke Accessories )

3. Sikring
    Sebagai pengaman pada komponen lain ketika terjadi arus pendek (short-cut)

    Sikring di bedakan menjadi 3 jenis
    1. Type Cartridge
    2. Type Blade
    3. Type Ceramic

4. Relay
    Untuk memutus dan menghubungkan arus listrik di dalam rangkaian secara elektronik

    Relay di bedakan menjadi 2 Jenis, Yaitu :
    1. Relay Normally Open  (RNO)
    2. Relay Normally Closet (RNC)

    Terdapat 4 Terminal Pada Relay, yaitu :
     1. Terminal 30 ( Terhubung ke positif baterai)
     2. Terminal 85 ( Terhubung ke Ground)
     3. Terminal 86 ( Terhubung ke Saklar Kombinasi)
     4. Terminal 87 ( Terhubung ke Beban seperti, Lampu-lampu, klakson, dll)

5. Flasher
    Untuk memutus dan menghubungkan arus secara elektronik atau untuk mengedipkan lampu

    Terdapat 3 Terminal pada Flasher, yaitu :
    1. Terminal B ( Terhubung ke Baterai positif  )
    2. Terminal E ( Terhubung ke Ground )
    3. Terminal L ( Terhubung ke Light pada saklar kombinasi )

6. Saklar Kombinasi
    Saklar kombinasi terdiri dari :

1. Sakar Lampu Belok dan Lampu Kepala
    

 








2. Saklar Lampu Hazard dan Saklar Klakson










SUMBER : http://otomotifdasar.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar